USAHA JAYA: 5 Studi Kasus Sukses Berpromosi Melalui Twitter
 
 
5 Studi Kasus Sukses Berpromosi Melalui Twitter

Saat ini Facebook masih menjadi favorit utama dalam strategi pemasaran berbasis jejaring sosial karena fasilitasnya yang cukup lengkap dan mudah. Disaat yang sama ada beberapa pelaku bisnis justru menggunakan twitter sebagai media promosi dan mampu menunjukkan hasil yang positif untuk keuntungan mereka. Mereka mampu melibatkan follower dengan cara baru dan kreatif. Berikut ini beberapa studi kasus yang dapat dijadikan inspirasi dan bagus sebagai referensi bagi Anda yang masih bingung memanfaatkan twitter sebagai media promosi.simak terus ya..

Volkswagen Zoom

Satu contoh yang bagus dari promosi langsung dan interaktif melalui Twitter berasal dari Volkswagen pada Februari tahun 2012. untuk mempromosikan Festival Planeta Terra, Mereka sengaja menyembunyikan tiket untuk festival tersebut, dan hanya mengungkapkan lokasi melalui peta. Caranya adalah, pencarian peta dilakukan dengan menggunakan Google Maps, lokasi hanya akan tampak tergantung pada seberapa banyak orang berbagi hashtag (#) foxatplanetaterra melalui Twitter:



Promosi ini merupakan keberhasilan besar bagi Volkswagen, hanya dalam waktu 2 jam hashtag foxatplanetaterra menjadi trending topic di Brasil dan ini prestasi yang luar biasa. Promosi ini sudah dirancang dan ditargetkan untuk khalayak yang tepat. Mereka ingin mempromosikan festival untuk masyarakat setempat, dan ini dicapai dengan mengintegrasikan elemen online dengan dunia nyata seolah-olah sedang berburu harta karun. Poin utama tentang promosi ini adalah, hanya dengan mekanisme yang sederhana, asal dilakukan dengan sangat baik maka promosi akan meledak luas. Tidak memerlukan investasi aplikasi mahal, hanya ide kreatif yang menarik mampu membuat masyarakat tergerak untuk berburu di seluruh kota dan terlibat langsung dengan Volkswagen.

Ben and Jerrys Fair Tweets

Promosi langsung dari Ben and Jerry’s baru saja diluncurkan untuk meningkatkan kesadaran dan dalam rangka memperingati World Fair Trade Day. Aplikasi ini dijalankan melalui microsite yang menempatkan karakter-karakter yang tidak digunakan pada Twitter menjadi berguna dengan menempatkannya menjadi pesan-pesan promosi:



Situs ini sangat mudah digunakan. Anda cukup mengetikkan tweet Anda seperti biasa, lalu Ben & Jerry’s melakukan sisanya untuk anda, mengisi tweet Anda dengan pesan-pesan mereka yang akan menyederhanakan tulisan anda. Hal terbaik dari promosi ini adalah ia hanya memerlukan sangat sedikit peran dari pengguna twitter. Sering kali Anda melihat promosi yang mengharuskan Anda untuk berhubungan dengan aplikasi, melakukan tugas dan kemudian auto-tweet untuk mempromosikan sesuatu, tapi cara Ben dan Jerry’s ini lebih menyenangkan, cepat dan unik. Konsep ini juga bergema luas di kalangan pengguna Twitter karena memiliki pertimbangan yang cermat. Jika Anda tidak melakukan tweet untuk mencari keuntungan sendiri, mengapa tidak anda sumbangkan saja tweet anda untuk tujuan baik?

Radioshacks Promoted Tweets

Perusahaan ini merupakan Salah satu contoh brilian dalam memanfaatkan Twitter untuk mempromosikan produk baru mereka yang mampu menciptakan pengalaman menarik dan berkesan bagi banyak orang. RadioShack menyebarkan tweet meminta semua orang untuk meng-upload gambar mereka sendiri, dengan syarat menyertakan pula hastag #ifihadsuperpowers dalam tweet mereka sehingga mereka memiliki kesempatan untuk memenangkan hadiah menarik.

Pada awal promosi, pengguna twitter tidak benar-benar tertarik melakukan hal tersebut. Namun dengan kesempatan memenangkan hadiah, tidak ada salahnya mencoba. Apa yang terjadi berikutnya sangat mengejutkan. Tim khusus di belakang RadioShack menghabiskan hari itu khusus untuk mengubah foto mereka menjadi lebih menarik dengan menambahkan topeng dan jubah, lalu me-mention (@) kembali foto baru tersebut kepada pemiliknya, seperti gambar berikut:



Kombinasi dari kampanye interaktif dan promosi produk jelas sekali berdampak popularitas yang tinggi bagi RadioShack. Mereka bukan pertama kali melakukan eksperimen seperti ini. Sebelumnya, mereka berhasil memperoleh 65 juta tweet hanya dalam waktu 24 jam. Meskipun terbantu dari tweet orang terkenal semacam Lance Armstrong juga; bukankah itu gunanya menarik perhatian orang terkenal?

Nestle Live Tweet Ads



Promosi berani dari Nestle ini adalah produk baru yang memanfaatkan Twitter sebagai sarana promosi iklan mereka. Pada tahun 2009, Nestle meluncurkan format iklan inovatif yang disajikan secara realtime dengan memanfaatkan tweet di seluruh web. Mereka meluncurkan iklan di situs yang berbeda, lalu mengajukan pertanyaan yang berhubungan dengan pengasuhan anak seperti 'Bagaimana Anda merangsang pikiran anak Anda?'. Pengguna yang login ke Twitter dapat “mengisi” iklan tersebut secara langsung dengan jawaban mereka sendiri.

Komentar- bermunculan dalam iklan online serta masuk ke Twitter feed Nestle. Semua komentar terbaik dimoderasi oleh Nestle; itu adalah bagian yang penting dalam keberhasilan promosi ini. Promosi kreatif ini merupakan salah satu contoh kegunaan Twitter yang sederhana namun ampuh yaitu hanya dengan menempatkan pesan promosi yang kuat kepada pengguna. Ini adalah contoh yang bagus dari perusahaan yang sengaja melepaskan kontrol merk dan memberi kesempatan kepada masyarakat untuk berpendapat. Cara ini juga merupakan salah satu cara terbaik berpromosi melalui media sosial.

The Jeep Puzzle

Cara kreatif juga ditunjukkan dalam promosi petualangan Jeep milik Leo Burnett Iberia, yang bertujuan untuk mempromosikan model terbaru mereka. Mereka menciptakan teka-teki online dengan menggunakan akun baru Twitter; dimana pengguna twitter harus mengikuti atau “follow” akun baru tersebut untuk bisa mengikuti petunjuk. Setiap akun Twitter akan menunjuk akun twitter baru lainnya sebagai syarat untuk mengikuti permainan; total ada 12 akun twitter yang harus diikuti atau “follow”. Dan masing-masing akun menyimpan 1 gambar yang jika dirangkai akan membentuk sebuah gambar utuh yaitu: Gambar sebuah tempat indah. Secara tersirat, tempat indah itu hanya bisa dicapai dengan mengendarai Jeep. Puzzle ini menarik karena anda tidak bisa sembarangan follow dan harus sesuai urutan. Karena jika salah sedikit saja, maka gambar yang terangkai tidak akan sempurna dan Inilah poin paling seru dalam permainan Jeep Puzzle. Jika puzzle sudah lengkap maka mereka punya kesempatan untuk mendapatkan hadiah. Mungkin penjelasan saya sedikit membingungkan, jadi sebaiknya anda lihat saja videonya disini:



Bagi beberapa orang, promosi seperti ini dianggap terlalu berbelit-belit, tapi apa yang saya suka tentang promosi model ini adalah: Cara ini menunjukkan pemahaman yang nyata dari platform Twitter, Hal yang sudah kita kenal akrab (Anda tahu dimana dan bagaimana tata letak gambar profil ) lalu membawanya ke kehidupan kita dengan cara yang baru. Fakta ini menunjukkan hal apa saja yang mungkin bisa dilakukan saat Anda mendapatkan ide kreatif dan memanfaatkan fungsi platform Twitter yang sudah tersedia untuk Anda sejak lama, dengan cara yang sama sekali baru untuk menarik pelanggan atau calon pelanggan menjadi terlibat dengan produk Anda.

Label: , , , , , ,



 
Ditulis oleh Rahmat Aini Yudidharma @ 21.56  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

Masukkan E-Mail Anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner



USAHA JAYA

↑ Grab this Headline Animator





promo visi

Rahasia Blogger




 

Previous Post
Archives
Tukeran Banner Yuk..


Tukeran banner yuk..
Copy kode di bawah ini:
Banner Temans

Formula Bisnis Teruji

Unlimited Backlink
Thanks To
Blogger templates

Get a FREE Domain