USAHA JAYA: Getok Tular is The King !
 
 
Getok Tular is The King !

Sangat provokatif!! Mari kita bermain teka teki. Produk atau merek apa yang paling sukses di dunia semenjak adanya planet bumi ini? Coca cola? Apple? Gatot kaca? Microsoft? Facebook? Semua jawaban di atas adalah benar. Namun yang paling benar adalah....

AGAMA = RELIGION

Itulah kalimat pembuka dari buku yang saya sebut provokatif karangan Sumardy, Marlin Silviana, dan Melina Melone berjudul “The Power of Word of Mouth Marketing” atau disingkat WOMM. Sebenarnya mendengar istilah Word of Mouth alias “Getok tular” (dari mulut ke mulut) bukanlah hal yang asing bagi saya karena ada banyak buku atau artikel yang membahas masalah itu. Tapi “Word of Mouth Marketing” adalah hal baru yang sungguh tak kuduga ternyata berbeda dengan Word of Mouth.

Ceritanya begini, Tanggal 17 Oktober 20011 kemarin saya mendapatkan komisi (lagi.. dan lagi) sebesar 40% dari bisnis afiliasi online aset virtual. Daripada uangnya dipakai buat hura-hura, mendingan saya sisihkan sebagian buat nambah ilmu. Jalan-jalan ke toko buku ternama di kota Solo, akhirnya terpilih secara meyakinkan untuk membeli buku “The Power of Word of Mouth Marketing” karya Sumardy, Marlin Silviana, dan Melina Melone. Kok buku itu yang saya pilih? Selain judulnya yang menarik, desain covernya pun edan, gambar KUBURAN!! Hiiiyyaaaaa....!!



Secara jujur saya tidak akan merekomendasikan buku ini untuk anda beli, namun dengan sedikit memaksa saya sarankan anda untuk membacanya. Membaca dan membeli kan dua hal yang berbeda... terserah gimana cara anda hehehehe...

Buku setebal 234 halaman ini kalau diwujudkan dalam bentuk tulisan saja sebenarnya hanya membutuhkan kurang dari 100 lembar halaman. Tapi karena ada banyak gambar-gambar menarik yang disisipkan di dalamnya membuat buku ini tampak lebih tebal dari seharusnya. Jadi wajar jika buku ini lebih asik dinikmati daripada buku-buku lainnya yang hanya berisi kata dan kalimat tanpa ada gambarnya sama sekali.

Bagi saya isi buku ini “Nendang habis!” buku ini tidak hanya memaparkan teori tapi juga melampirkan kasus-kasus yang dapat memperkuat argumentasi para penulis. Untuk orang yang gak pandai membuat resensi buku, saya akan garis bawahi beberapa hal penting yang menarik dalam buku ini.

Pertama, Sebagian besar iklan itu sampah dan berisi kebohongan. Produsen rela mengeluarkan anggaran besar untuk memasang iklan karena sesungguhnya produk tersebut tidak laku di pasaran. Faktanya Jika kebohongan dalam sebuah iklan dipersoalkan oleh masyarakat maka dengan enteng produsen atau pembuat iklan akan menjawab, “Namanya juga iklan mbak... gak usah dipikir serius”

Kedua, buku ini menjelaskan bahwa memasang iklan dengan biaya besar itu tidak efektif, kuno, dan membosankan. Dalam sehari ada berapa jumlah iklan yang kita lihat di televisi dan seberapa besar kita tertarik menyaksikan iklan tersebut? Mendingan ganti channel lain saja waktu commercial break untuk iklan. Iya kan? ngaku !!

Ketiga, Iklan atau promosi itu membingungkan. Karena itulah Anda tidak pernah mengobrolkan iklan televisi, iklan radio ataupun iklan majalah dengan teman-teman gaul anda di waktu senggang. Selain membingungkan, kurang kerjaan banget sih ngobrolin iklan buat sarana gaul. Maka tidak jarang anda lebih mengingat jalan cerita dalam sebuah iklan ketimbang mereknya. Iya to...? Ah, sungguh ironis.

Buku ini dengan contoh-contoh kasus yang aktual benar-benar menantang paradigma para pemasar untuk meninjau ulang strategi komunikasinya. WOMM adalah cara yang paling efektif untuk diterapkan oleh setiap pemasar karena sifatnya yang lebih terpercaya dan tahan lama. Sebuah pesan melalui WOMM akan cenderung diikuti oleh perubahan perilaku dan sikap yang akan menguntungkan bagi perusahaan atau produsen.

Jadi tunggu apa lagi? Iqro’ ! Bacalah!
Kapan?
Kemaren !!!

Label: , , , , , , , ,



 
Ditulis oleh Rahmat Aini Yudidharma @ 11.30  
1 Comments:
  • At 30 Maret 2015 01.03, Blogger ayu oxavia said…

    dear writer,

    saya sedang mencari buku ini, untuk referensi saya,
    tapi sy tdk bisa menemukan bukunya..

    mohon bantuannya, kalau tahu ada yang menjualnya, kalaupun hanya copy an saya mau.

    thanks

     
Posting Komentar
<< Home
 

Masukkan E-Mail Anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner



USAHA JAYA

↑ Grab this Headline Animator





promo visi

Rahasia Blogger




 

Previous Post
Archives
Tukeran Banner Yuk..


Tukeran banner yuk..
Copy kode di bawah ini:
Banner Temans

Formula Bisnis Teruji

Unlimited Backlink
Thanks To
Blogger templates

Get a FREE Domain