USAHA JAYA: Bagaimana Internet telah membuat saya “Xlangkah Lebih Maju”
 
 
Bagaimana Internet telah membuat saya “Xlangkah Lebih Maju”


Setiap orang membutuhkan informasi dan tidak bisa hidup tanpa informasi. Di era modern yang serba cepat ini banyak hal bisa terjadi. Kabar dunia yang dahulu hanya bisa diketahui lewat media koran, radio dan televisi sekarang bisa lebih cepat update melalui internet. Dalam dunia sepakbola, hasil pertandingan terbaru Liga Inggris, Liga Italia, Liga Spanyol maupun liga-liga lainnya di dunia dahulu hanya dapat diketahui lewat berita olahraga di televisi, sekarang dapat kita ikuti perkembangannya secara rinci bahkan dari menit ke menit hanya dengan mengakses Internet.

Itulah Internet yang membuat hidup kita “Xlangkah lebih maju”

Bagi saya setidaknya ada lima hal yang saya sukai dari internet dan membuat saya merasa Xlangkah lebih maju. Pertama, Internet menyediakan informasi yang lengkap. Contohnya saat saya ingin membeli buku Best Seller yang tidak tersedia di toko-toko buku di sekitar tempat saya tinggal, saya bisa memesannya secara online melalui internet dan buku tersebut langsung dikirim ke alamat saya. Pembayarannya pun bisa melalui internet banking, serba cepat dan mudah. Kesibukan adalah alasan utama mengapa saya jarang pergi ke toko buku, namun dengan internet saya bisa memesan buku apapun yang saya inginkan tanpa harus mengantri dan keluar rumah.

Kedua, Internet berperan sebagai penunjang bisnis. Sudah lazim bila berbisnis harus promosi. Apakah promosi secara konvensional menjadi pilihan? Tentu saja masih. Namun biaya yang harus dikeluarkan seringkali mahal dan jangkauannya pun terbatas. Jika bisnis menargetkan pasar lebih luas, maka Internet adalah pilihan yang sangat tepat. Berpromosi lewat internet salah satunya dengan sistem PPC (Pay per Click) memungkinkan saya membayar lebih murah dengan target yang jelas karena saya bisa mengatur sendiri iklan tersebut sesuai target pasar yang dituju. Mengapa bisa lebih murah? Karena saya hanya perlu membayar sejumlah uang dengan nilai tertentu jika iklan saya diklik oleh seseorang. Jika tidak ada yang mengklik berarti saya tidak perlu membayar apapun. Sangat efektif dan tentu saja cara yang Xlangkah lebih maju.

Ketiga, Internet merupakan sarana bersosialisasi dan membangun jaringan lebih luas. Maraknya jejaring sosial membuat komunikasi menjadi lebih mudah. Melalui jejaring sosial saya dan teman-teman bisa melakukan komunikasi tanpa harus bertemu muka. Contohnya saat menjadi panitia reuni SMA, komunikasi antar sesama panitia seringkali dilakukan melalui jejaring sosial tanpa harus selalu bertatap muka. Surat menyurat resmi, pembagian tugas, dan masalah-masalah teknis lainnya bisa kita diskusikan melalui jejaring sosial. Bahkan undangan pernikahan pun saat ini banyak dilakukan di jejaring sosial. Ngirit banget ya... bagi saya itu adalah Xlangkah lebih maju. Semoga penjual jasa cetak undangan pernikahan tidak sewot setelah membaca tulisan ini hehehehe..

Keempat, Internet sebagai alat riset dan pengembangan. Sifat internet yang terbuka serta Keunggulan internet sebagai sumber informasi yang besar sangat membantu saya dalam melakukan studi atau penelitian sebelum mengambil keputusan.

Seperti kita ketahui bersama bahwa Google adalah mesin pencari (search engine) paling populer di jagad internet saat ini. Banyak sekali kata kunci (keywords) disana yang bisa kita jadikan sebagai alat riset dengan kemampuan yang menakjubkan. Misalnya jika saya ingin meriset minat masyarakat terhadap “memancing” maka saya akan merisetnya dengan menggunakan Google Adwords. Dan hasilnya akan tampak sebagai berikut:



Dari hasil riset kata kunci tersebut dapat disimpulkan bahwa minat pencarian kata “memancing” di jagad internet terbilang cukup besar mencapai angka rata-rata 201.000 per bulan dan memiliki tingkat persaingan yang rendah. So, jika anda punya minat dalam hal memancing maka ini merupakan peluang bisnis yang cukup baik. Mengapa harus ada riset? bagi seorang penjual kita tidak ingin menghabiskan tenaga dan pikiran untuk menjual produk yang tidak dibutuhkan oleh masyarakat. Riset-riset seperti yang saya contohkan diatas merupakan syarat mutlak bagi mereka yang ingin mengetahui pasar lebih jelas sebelum membangun usaha. Dan internet adalah solusi tepat untuk mempermudah riset konsumen.

Kelima, Manfaat pertukaran data. Berbagi gambar, dokumen maupun video adalah keunggulan tersendiri yang dapat dilakukan melalui internet. Selain cepat, kualitasnya pun terjaga dengan baik. Berbagi data melalui internet adalah hal yang lazim dilakukan oleh mereka yang rutin menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan dijaman sekarang, seorang dosen tidak perlu repot-repot membawa banyak buku atau dokumen ke dalam kelas. Ia cukup meminta kepada mahasiswanya untuk mengunduh file materi perkuliahan yang telah ia siapkan sebelumnya melalui internet, lalu materi tersebut dapat langsung dipelajari di rumah.

Demikianlah bagaimana seklumit kecil manfaat internet dalam kehidupan saya. internet telah mengubah dunia dan gaya hidup manusia modern. Internet menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka yang ingin Xlangkah lebih maju. Dengan internet kita bisa berperan dalam mencerdaskan bangsa agar lebih baik di masa mendatang.

Follow Twitter: @yoedidharma

Label: , , , , , , , ,



 
Ditulis oleh Rahmat Aini Yudidharma @ 21.13  
0 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

Masukkan E-Mail Anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner



USAHA JAYA

↑ Grab this Headline Animator





promo visi

Rahasia Blogger




 

Previous Post
Archives
Tukeran Banner Yuk..


Tukeran banner yuk..
Copy kode di bawah ini:
Banner Temans

Formula Bisnis Teruji

Unlimited Backlink
Thanks To
Blogger templates

Get a FREE Domain