USAHA JAYA: DIMANA KITA BISA MENEMUKAN PEMBELI?
 
 
DIMANA KITA BISA MENEMUKAN PEMBELI?
Menemukan produk yang akan dijual hanyalah salah satu bagian kecil dari perencanaan Affiliate marketing. Inti dari affiliate marketing adalah bagaimana menemukan pembeli Anda. Percayalah, jika ada pembeli, maka ada produk yang akan dijual.

Secara garis besar, ada dua jenis pembeli. Dua jenis pembeli ini tetap aktif melakukan pembelian dalam kondisi apapun, walaupun sedang krisis finansial.



Jenis pertama adalah “pembeli yang patah arang”. Mereka memiliki masalah dalam hidup yang membutuhkan solusi konkrit secepatnya. Sebagai contoh, orang yang sedang sakit atau sedang krisis keuangan. Mereka mencari solusi secepatnya agar masalah mereka dapat teratasi.

Hari ini (3/2/09), saya melihat berita di televisi yang mengisahkan tentang Dukun Muda berusia 10 tahun dari Jombang – Jawa Timur; yang mampu menyembuhkan segala penyakit melalui perantara sebongkah batu yang ia temukan tanpa sengaja. Kemampuan uniknya itu mampu menyedot pasien dari segala penjuru dan rela antri berjam-jam demi mendapat perawatan kesehatan dari sang dukun. Mereka yang datang mengantri pukul 1 dini hari saja mendapatkan nomor urut 300-an; apalagi yang ngantri pukul 7 pagi. Dalam sehari, pasien yang datang bisa mencapai 4000 orang. Wuih...luar biasa.

Ini adalah salah satu peristiwa empiris yang membuktikan perilaku tipe pembeli jenis pertama.

Jenis kedua adalah “Pembeli Fanatik”. Saya yakin anda pasti tahu jenis yang satu ini karena anda mungkin termasuk salah satunya. Mereka adalah tipe manusia yang akan membeli produk-produk khusus nan istimewa. Seseorang yang tergila-gila pada hobi memancing tak akan ragu membeli jenis umpan terbaru dengan harga berapapun demi memuaskan hasrat memancingnya yang besar. Begitu pula bagi penggemar Harry Potter, novel belum diluncurkan ia telah mempersiapkan segala hal demi mendapatkan buku favoritnya.

Kelompok masyarakat dengan minat tertentu tertentu sering kita sebut sebagai “niches”, Untuk diketahui, saat ini tidak semua niches berpotensi sebagai pembeli. Sama halnya dengan penggila sepak bola yang rela bangun pukul 3 dini hari demi menyaksikan tim kesayangannya bertanding belum tentu suka ditawari Game sepak bola terbaru.

Artinya, perlu riset lebih mendalam untuk memecah kembali niche tersebut menjadi “Niches yang lebih berpotensi”.

Kita menyebut niches yang berpotensi sebagai pembeli dengan sebutan “niches market”. Namun, Membidik niches market untuk meningkatkan penjualan bukanlah trend baru lagi; ini adalah trend masa lampau.

Trend saat ini adalah mencari niche market dengan potensi red-hot buyers atau pembeli yang bersemangat dengan produk yang anda tawarkan.

Pembeli jenis ini adalah pembeli yang akan langsung berteriak “Eureka !, ini dia yang kucari !”. Persoalannya adalah,

Bagaimana caranya kita menemukan jenis pembeli seperti itu?

Tidak terlalu sulit, ada beberapa site yang harus anda lihat dan manfaatkan.
Tapi sebelumnya, saya ingin anda pasang mata baik-baik.

Kuncinya adalah: Produk apa yang dapat membuat kawan atau kenalan anda merasa tidak dapat hidup tanpanya?

Itulah pertanyaan dasar bagi anda yang ingin menemukan red-hot buyers Anda.
Sebenarnya ada satu cara untuk mencari “red hot buyers” atau pembeli yang sedang “membara” ini dengan mencari informasi tentang produk apa yang sedang laris manis saat ini.

Caranya…
Hampir di setiap marketplace seperti – eBay, Amazon, atau Clickbank memiliki daftar produk yang sedang laris saat ini. Memang, mayoritas konsumennya adalah dari luar negeri seperti Amerika Serikat dan Eropa. Tapi informasi ini bisa menjadi petunjuk penting bagi anda yang berencana membuat produk untuk pasar Indonesia.

Anda bisa kunjungi :
http://pulse.ebay.com/
http://amazon.com/gp/bestsellers/books/
Umumnya produk-produk bagus tersebut berada pada rangking 20,000 ke atas.

Cek terlebih dahulu niche tersebut dengan melihat magazine atau majalah yang terkait dengan topik tersebut di:
http://www.amazon.com/magazine-newspaper-subscriptions/
Produk-produk Bestseller Amazon:
http://www.amazon.com/gp/bestsellers/
Elektronik Marketplace, Clickbank:
http://www.clickbank.com/marketplace.htm

Sorry...semuanya bahasa inggris :). Tapi itu bukan halangan kan...

Katakanlah misalnya anda mencari produk dengan penjualan tertinggi. Jika anda mencari pada kategori “Health & Fitness” anda akan melihat produk-produk yang terdaftar pada Clickbank sebagai “most popular”. Peringkat dua terbesarnya adalah “Far Loss For Idiots”, dan “The Truth About Abs”.

Jika kedua produk itu bisa populer dan laris di Amerika serta Eropa, Mengapa tidak bisa laris di Indonesia? Iya kan....

Saya sendiri berencana bergerak kesana. Adakah diantara Anda yang mau ikutan? Atau hanya senang jadi penonton?

Semuanya terserah Anda dan saya tunggu komentarnya.




 
Ditulis oleh Rahmat Aini Yudidharma @ 08.03  
1 Comments:
Posting Komentar
<< Home
 

Masukkan E-Mail Anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner



USAHA JAYA

↑ Grab this Headline Animator





promo visi

Rahasia Blogger




 

Previous Post
Archives
Tukeran Banner Yuk..


Tukeran banner yuk..
Copy kode di bawah ini:
Banner Temans

Formula Bisnis Teruji

Unlimited Backlink
Thanks To
Blogger templates

Get a FREE Domain