USAHA JAYA: Februari 2012
 
 
E-Mail Marketing, Bagaimana Cara Menarik Perhatian Pembaca Anda


Persaingan dalam bisnis berbasis internet semakin ketat. Persaingan ini makin kompetitif dengan lahirnya situs-situs yang siap membantu pebisnis online dengan biaya yang relatif kecil. Tetapi ada juga cara di mana Anda tidak harus mengeluarkan biaya begitu banyak untuk mempromosikan bisnis anda yaitu dengan membuat opt-in list. Opt-in list adalah sebuah cara untuk berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan dengan memanfaatkan email yang telah diprogram dengan cara berlangganan. Cara ini memungkinkan anda untuk memiliki daftar email-email yang akan membaca tulisan anda dan menjadikan bisnis online berkembang dari sana.

Sebuah daftar opt-in memungkinkan Anda untuk memberikan newsletter ke pelanggan Anda dengan persetujuan mereka. Ketika orang mendaftar, mereka tahu bahwa mereka akan menerima pembaruan dan berita melalui e-mail. Tapi itu tidak berarti bahwa semua orang yang berlangganan akan tertarik untuk membacanya. Beberapa bahkan sebagian besar dari mereka tidak benar-benar tertarik untuk menerima e-mail tersebut dan hanya memperlakukan e-mail tersebut sebagai sampah atau ‘pengganggu’ yang harus segera dihapus. Hal ini mungkin saja terjadi jika e-mail yang anda kirimkan tidak mampu menarik perhatian pembaca.

Tips sukses berpromosi dengan email marketing sebenarnya cukup sederhana. Sukses berpromosi dengan e-mail tidak berbeda jauh dengan cara berpromosi dengan Website atau blog, hanya medianya saja yang berbeda. Intinya, Buatlah mereka tertarik dengan topik yang anda sampaikan sehingga mereka mau meluangkan sedikit waktu untuk membacanya. Tanpa topik yang menarik, e-mail anda hanya akan numpang lewat di inbox mereka.

Anda dapat merayu calon pembeli Anda dengan membuat judul yang dipikirkan dengan matang dan ditulis dengan baik. Judul email yang tajam dan menarik terbukti mampu mengusik rasa ingin tahu calon pelanggan dan tergerak untuk membaca e-mail. Syaratnya, Judul yang Anda buat harus singkat dan jelas. Judul yang baik harus mampu merangkum seluruh materi hanya dengan satu kalimat pendek. Ingat, ada puluhan bahkan ratusan e-mail yang masuk setiap hari dan hanya e-mail yang menarik dan penting saja yang akan dibaca, walaupun mereka telah berlangganan.

Sebuah judul yang baik harus menggelitik rasa ingin tahu penerima. Secara harfiah, e-mail anda harus mampu memaksa penerima untuk membukanya. Emosi harus dinyalakan agar mereka tergerak membacanya. Sangat penting untuk menggunakan kata-kata ajaib agar mendapatkan reaksi yang Anda inginkan. Perlu diketahui bahwa penerima atau pelanggan umumnya hanya melirik beberapa detik saja untuk membaca sekilas judul-judul e-mail yang mereka terima. Tidak ada cara lain, Anda harus bisa menarik perhatian pembaca Anda segera.

Ada banyak cara yang dapat Anda gunakan untuk memoles judul Anda menjadi menarik. Anda dapat memberikan judul yang menyiratkan e-mail Anda berisi materi yang mengajarkan tips pada topik tertentu. Kata ajaib yang bisa digunakan antara lain, "Bagaimana", "tips", "Panduan Untuk", “Metode praktis” dan lain-lain.

Anda juga dapat membuat judul Anda dengan bentuk pertanyaan seperti, "Apakah Anda sakit dan lelah dari pekerjaan Anda?" Atau "Apakah bos Anda selalu mengendalikan hidup Anda?". Cobalah untuk tetap pada topik yang berhubungan dengan bisnis Anda sehingga Anda akan tahu bahwa pelanggan Anda memang tertarik pada topik tersebut. Cara ini sangat efektif untuk menjangkau calon pembeli lebih luas lagi.



Selain dua cara diatas, Anda juga dapat menggunakan judul yang mendorong mereka untuk segera beraksi seperti "Bertindaklah sekarang dan dapatkan kesempatan ini sekali seumur hidup", atau "Dua, tiga bahkan empat kali lipat gaji anda dalam satu tahun".

Anda juga dapat menggunakan model berita sebagai judul Anda agar lebih menarik perhatian. Misalkan saja Anda bergerak dalam usaha mesin mobil, Anda dapat menulis judul promosi e-mail Anda dengan tulisan, "Kami memperkenalkan sebuah mesin baru berbahan bakar Air Mineral ". Judul tersebut akan memunculkan rasa ingin tahu yang tinggi dan akan menuntun mereka untuk membuka e-mail yang anda kirimkan pada mereka.

Dan yang paling utama adalah, “Jangan pernah mencoba untuk mengelabui calon pembeli anda”. Selamat mencoba.

Label: , , , , ,

Baca Selengkapnya...


 
Ditulis oleh Rahmat Aini Yudidharma @ 16.37   2 comments

Masukkan E-Mail Anda untuk berlangganan:

Delivered by FeedBurner



USAHA JAYA

↑ Grab this Headline Animator





promo visi

Rahasia Blogger




 

Previous Post
Archives
Tukeran Banner Yuk..


Tukeran banner yuk..
Copy kode di bawah ini:
Banner Temans

Formula Bisnis Teruji

Unlimited Backlink
Thanks To
Blogger templates

Get a FREE Domain